Sandblasting, Bukan Sekedar Dekontaminasi

Selasa Januari 2017

Musuh abadi seluruh benda berbahan dasar metal / besi adalah karat / korosi. Ada salah satu cara yang paling efektif dan cepat untuk mengusir karat / korosi yaitu sandblasting. Sandblasting adalah proses penyemprotan abrasive material biasanya berupa pasir silika atau steel grit dengan tekanan tinggi pada suatu permukaan dengan tujuan untuk menghilangkan material kontaminasi seperti karat, cat, garam, oli, dll.

 

Selain itu juga bertujuan untuk membuat profile (kekasaran) pada permukaan metal agar dapat tercapai tingkat perekatan yang baik antara permukaan metal dengan bahan pelindung misalnya cat. Tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasirnya serta tekanannya.

perlu diketahui berhasil atau gagalnya suatu pengecatan sangat tergantung pada tingkat kebersihan dan tingkat perekatan antara cat dan permukaan serta tingkat kepadatan dan perataan dari cat itu sendiri.

Lalu kenapa sandblasting dipilih?

Karena metode ini juga bisa sekaligus membersihkan permukaan material yang terkontaminasi oleh berbagai kotoran, seperti karat,garam,jamur, dan korosi.

"Sandblasting juga bisa membuat permukaan lebih kasar, sehingga cat baru dapat melekat lebih baik,"

Sandblasting terbagi atas 2 jenis, yaitu Dry Sanblasting biasa diaplikasikan ke benda-benda berbahan metal/besi yang tidak beresiko terbakar, seperti tiang-tiang pancang, bodi dan rangka mobil, bodi kapal laut, dan lain-lain.

Wet Sandblasting diaplikasikan benda-benda berbahan metal/besi yang beresiko terbakar atau terletak di daerah yang beresiko terjadi kebakaran, seperti tangki bahan bakar, kilang minyak (off shore), ataupun pom bensin, dimana pasir silica yang digunakan dicampur dengan bahan kimia khusus anti karat yang berguna untuk meminimalisir percikan api saat proses sandblasting terjadi.

Namun begitu, alat yang digunakan tetaplah sama, terdiri dari kompresor, tabung penyaring udara (Airblast Breathing Air Filters), tabung penampung pasir (blast pot), selang,nosel, perlengkapan khusus untuk dikenakan oleh sang operator sandblasting.