Mobil Anti Peluru Jokowi

Rabu, 12 Agustus 2015

Mercedes-Benz mengumumkan dimulainya produksi sedan anti-peluru yang disebut S600 Guard. Sepintas, mobil ini seperti S-Class dalam sapuan mata tapi di balik jubahnya terkandung material yang bisa berfungsi sebagai tameng.

 

Baja di sekeliling bodi akan melindungi penumpang dari serangan bom atau tembakan. Ban jenis run-flat yang tak bisa bocor dan kaca khusus setebal 4 inci akan melengkapi ”benteng pertahanan”.

 

Semua aplikasi tersebut menambah bobot hingga 136 kg. bahkan bisa meredam dahsyatnya ledakan granat tangan sekali pun!

 

Soal tenaga, sama seperti milik S600 standar, yakni mesin 6.000cc, V12, yang sanggup mengerahkan tenaga hingga 530 PS, dan Mercedes-Benz menjamin mesin ini mampu melesatkan mobil dengan kencang meski bobot semakin berat akibat adanya tambahan perlindungan.

 

Harga untuk S600 Guard diperkirakan mencapai 435.000 dollar AS (Rp 5,1 miliar) Kabin dilindungi pelat baja 50mm, dilengkapi juga dengan serat sintetis tahan panas dan komponen polyethylene. Ban jenis run-flat dari Michelin yang tak bisa bocor dan kaca khusus setebal 4 inci dilapisi polycarbonate.


Mesin mmemakai tipe V12 turbocharger bertenaga 430 tk, torsi 80 Nm, disalurkan melalui transmisi 7G-Tronic. Suspensi udara AIRMATIC, dilengkapi ESP (Electronic Stability Program), dan ASR (Anti-Slip Regulation).

 

Selain itu mobil anti peluru ini juga menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang dapat tetap berjalan meski tanpa udara sejauh 60 kilometer.

 

Mobil Mercedes S600 ini juga sudah dilapisi baja yang tahan terhadap senapan standar, granat nanas, serta bahan peledak ringan, sejak dalam proses pembuatannya di Jerman. Mobil ini juga dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

 

Pada bagian interior dilengkapi dengan perangkat night view assist system, yang berguna untuk memantau situasi di luar ketika kondisi jalan dalam keadaan gelap. Selain itu terdapat pula kamera pada bagian belakang, kaca depan, serta jendela depan yang dibuat tahan panas, dan keempat pintu dengan kemampuan adjustable doorhold.

 

Memiliki bobot sekitar 5 ton, mobil Kepresidenan Mercedes S600 sudah dilengkapi sejumlah fasilitas super canggih serta material body khusus terbuat dari baja setebal bersertifikasi tingkat resistensi Euro B6/B7 itu masih ditambah pelapis aramide and polyethylene hingga membuatnya tahan terhadap gempuran senapan mesin ringan bahkan granat sekalipun.

 

Begitu juga kacanya dilaminasi serat polikarbonat untuk mencegah kaca pecah melukai penumpang didalamnya, seluruh fasilitas tersebut telah memenuhi persyaratan pengamanan level tertinggi ERV2010 Blast Protection.

 

Agar memberikan performa pengendalian optimal, aman juga nyaman, Mercedes Benz S600 Guard dibekali teknologi Electronic Stability Program, Anti Slip Regulation plus suspensi Airmatic.

 

Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi 7G Tronic mampu digeber hingga tingkat percepatan 249 kmpj serta berakselerasi dari titik nol sampai 96 kmpj hanya dalam waktu 4 detik saja.

 

Mobil baru Jokowi ini juga sudah berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7 yang tahan terhadap serangan senjata standar, granat tangan serta bahan peledak ringan lainnya.

Sumber Berita :
Tabloid Steelindonesia

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga