Hot Rolled Plate

Kamis, 12 Maret 2015

Dari segi bentuk, plat baja memiliki dua jenis, plat lembaran (sheet) dan plat gulungan (coil). Sedangkan dari segi pembuatan juga terbagi dua, yakni plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) dan plat lembaran/gulungan canai dingin (cold rolled).

 

Di pasaran, plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) biasanya disebut ‘baja hitam’ sedangkan yang canai dingin disebut ‘baja putih’. Untuk plat kapal masih digolongkan ke ‘baja hitam’, namun karena peruntukannya sebagai bahan pembuat lambung kapal, maka plat jenis ini memerlukan penanganan produksi yang berbeda. 

 

Permukaan plat juga masih dibagi dua kategori, yakni permukaan halus dan permukaan bergelombang. Yang permukaannya  bergelombang biasanya disebut plat bordes, yaitu memiliki pola garis tertentu di atas permukaannya. Contoh pemakaian plat bordes misalnya pada tangga atau pijakan di halte busway TransJakarta.

 

Plat baja lembaran canai panas (hot rolled plate) memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda. Namun, umumnya yang diproduksi secara massal oleh produsen adalah ukuran mulai dari 2 mm sampai dengan 50 mm.

 

 

Aplikasi:

Hot rolled plate dapat diaplikasikan sebagai base plate, pengaku pada sambungan kontruksi besi baja, material pembuat kapal, tabung, karoseri kendaraan dan lain sebagainya.

 

 

 

Standar Mutu  Hot Rolled Plate :

SNI 07-0601-2006, SNI 07-0722-1989  (standar kontruksi umum),  JIS G 3101 SS400, ASTM SA36 (standar plat kapal)

 

 

Bahan Baku dan Proses Produksi :

 

Bahan baku hot rolled plate adalah berupa slab yang sudah mengandung unsur pemrosesan kimia sesuai standar. Slab dimasukan ke dalam reheating furnace untuk proses pembakaran (peleburan). Setelah selesai maka dilanjutkan dengan proses descaling dan dimasukan ke dalam rolling mill. 

 

Bahan slab yang sudah hampir menjadi plat lembaran itu,  kemudian dilakukan proses penipisan (thickness) yang dilanjutkan dengan shearing. Setelah dilakukan proses shearing, palt lembaran canai panas pun selesai dibuat dan siap dipasarkan.

 

 

Komentar Anda :

Share :

Baca Juga